Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Dimasak

Cara Mudah Membuat Minyak Kelapa Tanpa Dimasak

Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Dimasak

Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Dimasak – Minyak kelapa memiliki beragam manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Meski minyak ini mudah ditemukan, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Selain itu, ternyata cara membuat minyak kelapa tidaklah begitu sulit.

Bahkan, popularitas minyak kelapa telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dari produsen kosmetik hingga makanan, sepertinya mereka berlomba-lomba menggunakan bahan-bahan alami tersebut dalam produknya.

Kulik juga yuk, resep sambal untuk rawon daging sapi. Sangat praktis dibuat di rumah.

Salah satunya, minyak kelapa mengandung asam lemak yang diprediksi dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Di lain sisi, minyak kelapa adalah bahan alami yang 80 persen kandungannya berupa lemak jenuh yang justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Cara Membuat Minyak Kelapa Di Rumah

Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Dimasak

Jika Anda sekarang sedang mencari cara untuk membuat minyak kelapa, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda coba praktikkan di rumah. Sangat mudah!

1. Tanpa Pemanas

Cara pembuatan minyak kelapa ini akan menghasilkan warna minyak yang ringan, yang sering disebut sebagai minyak kelapa murni.

Anda perlu menyiapkan ampas kelapa tua dan ikuti langkah-langkah membuatnya sebagai berikut:

  1. Parut ampas kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santan yang keluar lebih banyak).
  2. Lalu masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama 1 hingga 2 jam sampai terbentuk 2 lapisan, yakni santan di bagian atas dan air di bagian bawah.
  3. Buat lubang di bagian bawah plastik agar air dapat terpisah dan terbuang
  4. Tuang santan kental ke wadah, tutup rapat dan simpan di suhu ruangan yang aman dari paparan sinar matahari selama 24 jam.
  5. Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah).
  6. Sendokkan minyak untuk dituangkan ke dalam wadah yang telah dialasi kain bersih atau sapu tangan tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga dapat menempatkan wadah di lemari es sehingga bagian atas dari tiga lapisan membeku.

Ambil bagian yang beku yaitu minyaknya, lalu ulangi langkah tersebut dengan tisu atau kain bersih. Tetesan minyak dalam jaringan disebut VCO.

2. Dengan pemanasan

Cara kedua untuk membuat minyak kelapa ialah dengan memanaskan santan terlebih dulu. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan ialah sebagai berikut ini:

  1. Parut ampas kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santan yang keluar lebih banyak).
  2. Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak gosong dengan sesekali diaduk.
  3. Jika santan sudah berubah warna jadi coklat dan kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan.
  4. Matikan api dan diamkan pada suhu kamar.
  5. Jika tidak panas, sendok minyak ke dalam wadah yang telah dilapisi dengan kain bersih atau saputangan tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa meletakkan wadah di lemari es agar bagian atas santan membeku.

Ambil bagian yang beku yaitu minyak kelapa, lalu ulangi langkah tersebut dengan tisu atau kain bersih. Kemudian masak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak berwarna kuning.

Namun, minyak kelapa tetap diprediksi memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Minyak kelapa buatan sendiri ini bisa disimpan dalam waktu 8-10 bulan pada suhu ruangan.

Syaratnya, minyak kelapa ini harus ditempatkan dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas minyak kelapa buatan sendiri.

Anda juga bisa menggunakan mesin vco untuk membuat dan mengolah minyak kelapa supaya lebih praktis dan efisien.

Manfaat Minyak Kelapa

Mengetahui tips dan cara membuat minyak kelapa tanpa dimasak maupun dengan proses pemanasan akan sangat berguna bagi Anda yang kerap  mengkonsumsi atau menggunakan bahan ini untuk berbagai keperluan. Minyak kelapa sendiri memiliki beragam manfaat, antara lain:

  • Asam lemak dalam minyak kelapa dapat menyehatkan otak. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam darah sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Membakar kalori, karena salah satu kandungan dalam minyak kelapa ialah medium chain triglycerides (MCT).
  • Menyehatkan kulit, rambut dan gigi.

Meskipun baik untuk tubuh, selalu gunakan minyak kelapa dalam jumlah sedang. Minyak kelapa juga tidak bisa digunakan sebagai pengganti resep.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Dimasak. Bisa segera Anda praktikan di rumah. Dapatkan mesin pengolah minyak kelapa di rumah mesin