Agar Ruangan Rumah Lebih Besar dan Longgar

Ada bebera tips agar ruangan rumah lebih terasa besar dan longgar. Walaupun pada kenyataannya luas ruangan kecil atau tidak terlalu besar. Nah untuk itu, putrausaha.my.id menyajikan beberapa konten tips agar ruangan rumah lebih besar dan longgar. Berikut ini tipsnya.

Gunakan Prinsip Less is More

Anda dapat menggunakan prinsip less is more dalam penataan ruang, semakin sedikit barang, semakin besar ruangan. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh menyimpan barang, tetapi Anda harus menyortir barang yang Anda simpan.

Simpan item yang hanya digunakan setahun sekali, dengan ruang di-cache selama 364 hari. Barang-barang ini termasuk kostum Halloween, terompet Tahun Baru, peralatan masak ekstra besar, dll.

Selektif Terhadap Setiap Barang

Langkah selanjutnya adalah selektif terhadap setiap barang yang Anda bawa pulang. Ingatlah bahwa setiap barang yang Anda bawa akan memiliki rumah dan tempat untuk menyimpannya. Hal ini juga berlaku untuk brosur dan souvenir yang Anda peroleh setelah menghadiri suatu acara.

Jangan Jadi Orang yang Konsumtif

Perilaku konsumen adalah pintu gerbang utama untuk membeli barang-barang yang tidak penting, seperti membeli sepatu dengan model dan warna yang sama dengan sepatu yang Anda miliki di rumah, atau membeli novel saat novel tersebut masih digunakan.

Gunakan Sekat Ruangan yang Bagus

Penggunaan sekat pada rumah kecil tentu akan menimbulkan kesan sempit pada ruangan, sedangkan kombinasi dua atau tiga ruangan dalam satu ruangan akan memberikan kesan luas pada rumah. Sebagai gambaran, Anda bisa menggabungkan ruang keluarga dengan ruang tamu, serta dapur dengan ruang makan, atau menggabungkan ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan dalam satu tempat.

Menciptakan Ilusi Ruang

Selain memantulkan cahaya agar rumah menjadi lebih terang, cermin juga berperan dalam menciptakan ilusi ruang agar ruangan tampak lebih luas.

Gunakan Cat Warna Cerah

Penggunaan warna-warna cerah merupakan cara klasik untuk menciptakan kesan luas pada sebuah ruangan. Warna-warna cerah seperti putih, krem, dan moka bisa menjadi pilihan untuk mengaplikasikan warna-warna cerah pada dinding.

Furnture Penghemat Tempat

Pilih furnitur yang bisa dilipat atau ditumpuk sehingga menghemat ruang saat tidak digunakan.