Tips Menurunkan Tekanan Darah Dengan Mudah

Cara menurunkan tekanan darah tidak mudah, namun juga tidak sulit apabila anda mau melakukannya dengan serius dan benar. Pasalnya ini berkaitan dengan kebiasaan hidup yang sudah lama dan sudah nyaman dijalani. Terkadang kita sulit untuk meninggalkannya, kebiasaan buruk yang memberikan kenyamanan sesaat. 

Tekanan darah erat kaitannya dengan pola hidup, pola makan, usia dan juga faktor keturunan. Usia dan keturunan adalah satu faktor yang tidak bisa kita hindari dan kita cegah. Namun untuk faktor yang lain bisa kita kendalikan agar tidak menjadi penambah faktor yang terjadi secara alamiah pada diri kita. 

Tips Mudah Menurunkan Tekanan Darah

Untuk anda yang sekarang dalam kondisi tekanan darahnya tinggi, tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk bisa membuat tekanan darah anda kembali normal. 

1. Merubah Pola Kebiasaan Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan hidup yang tidak sehat banyak sekali contohnya. Dan hampir seluruhnya menimbulkan dampak yang buruk dalam kesehatan. Pola hidup sering begadang merupakan faktor yang paling cepat membuat tekanan darah naik. Oleh sebab itu hendaklah anda hindari, kecuali untuk anda yang bekerja dengan waktu sift. Hanya saja perlu diperhatikan agar selalu menjaga pola makan yang teratur dan sehat (akan kita bahas di opsi selanjutnya).

2. Merubah Pola Makan Yang Tidak Teratur & Tidak Sehat

Garam disebut – sebut sebagai pemicu tekanan darah tinggi. Memang benar, namun sebenarnya bukanlah garam yang menjadi sumber penyakit tekanan darah. Namun karena faktor lain yang membuat anda tidak lagi bisa mengkonsumsi garam yang berlebihan. Berkaitan dengan pola makan. Makanan yang baik untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi adalah sayur dan buah.

3. Olahraga Teratur

Semua orang pasti sepakat bahwa olahraga merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Olahraga teratur dapat menjadi sebab metabolisme dan sirkulasi darah lancar. Secara otomatis akan membuat tekanan darah menjadi normal. Bila olahraga anda lakukan secara teratur, maka tekanan darah akan terjaga dalam kondisi normal. Namun apabila tekanan darah anda sangat tinggi. Tunggulah hingga tekanan darah anda normal kemudian mulailah berolahraga teratur. 

4. Mengkonsumsi Obat Yang Tepat

Penderita tekanan darah tinggi harus selalu mengkonsumsi obat secara teratur. Mintalah resep kepada dokter untuk obat tekanan darah yang bisa anda konsumsi setiap hari. Minumlah obat yang diberikan dokter secara rutin sesuai dengan aturan dosis yang telah diberikan. 

5. Kontrol Tekanan Darah

Di era modern seperti sekarang ini, semuanya bisa dilakukan sendiri. Termasuk mengontrol tekanan darah. Anda tidak harus pergi ke dokter untuk memeriksa berapa tekanan darah anda saat ini. Anda bisa membeli alat ukur tekanan darah (tensimeter) di toko atau distributor alat kesehatan terdekat dari rumah anda, atau anda bisa juga membelinya secara online. Dengan memiliki alat sendiri, anda akan dapat dengan mudah mengontrol nya setiap saat.