Waspadai 5 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus Berikut Ini

Penyebab terjadinya penyakit pada tubuh memang sangat bervariasi. Salah satu penyebab penyakit adalah virus. Saat tubuh memiliki sistem imun yang kuat, penyakit akibat virus biasanya dapat sembuh sendiri. Namun, beberapa penyakit akibat virus juga membutuhkan bantuan obat antivirus.

Virus penyebab penyakit juga sangat beragam. Ada yang menyebabkan gejala ringan, namun ada juga yang gejalanya berat. Agar lebih waspada dan bisa memberikan penanganan yang tepat, maka sanga penting untuk mengenal jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh virus berikut ini.

Inilah 5 Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Infeksi Virus

Rubella

Rubella adalah jenis penyakit yang berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan. Jika ibu hamil terinfeksi Rubella, maka dapat menyebabkan terjadinya cacat bawaan lahir atau bahkan keguguran. Penyakit yang disebut dengan campak jerman ini menyebabkan gejala ruam dan demam ringan.

Covid-19

Penyakit Covid-19 atau corona disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 yang menyerang tubuh. Gejala yang muncul pada penderita berupa demam, sesak napas, batuk kering, dan beberapa gejala lainnya. Biasanya, gejala tersebut muncul 2 – 14 setelah virus corona menyerang tubuh.

Flu

Flu adalah kondisi dimana tubuh mengalami demam, nyeri otot, meriang, mual, muntah, hingga sakit kepala. Gejala flu memang lebih serius dibandingkan pilek biasa. Kondisi ini disebabkan oleh tubuh yang terserang oleh virus influenza. Namun, flu bisa sembuh dengan cepat jika sistem imun kuat.

DBD atau Demam Berdarah Dengue

Penyakit DBD sering dianggap disebabkan oleh gigitan nyamuk. Padahal, bukan gigitan nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD. Melainkan virus yang menular melalui air liur nyamuk saat menghisap darah manusia. Nah, virus penyebab DBD tersebut adalah virus dengue.

Chikungunya

Selain DBD, penyakit yang ditularkan oleh nyamuk selanjutnya adalah chikungunya. Penyakit ini disebabkan oleh virus zika yang ditularkan oleh nyamuk saat menghisap darah. Gejalanya berupa nyeri sendi, nyeri otot, demam, ruam kulit, pembengkakan sendi, hingga sakit kepala.

Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus adalah sangat beragam. Setiap virus akan menyerang bagian tubuh tertentu yang menimbulkan gejala berbeda-beda. Penanganan pasien pun harus disesuaikan dengan penyebab penyakit itu sendiri, sehingga harus konsultasi dengan dokter.