5 Alasan Pallet Plastik Lebih Baik dari Pallet Kayu

Hal mendasar yang membedakan pallet plastik dengan pallet kayu adalah material yang digunakan. Seperti namanya, pallet plastik terbuat dari plastik, sedangkan pallet kayu terbuat dari kayu.

Material pembuatan pallet ini memengaruhi kualitas dari pallet itu sendiri. Sehingga, kualitas antara pallet plastik dengan pallet kayu tidaklah sama.

Pallet kayu memiliki beberapa kekurangan, seperti gampang rusak, terdapat paku dan serpihan yang dapat merusak barang didekatnya serta berpeluang digerogoti rayap. Namun, pallet kayu bisa diperbaiki jika rusak.

Adapun plastic pallet juga memiliki beberapa kekurangan, seperti kurang kokoh dan tidak bisa diperbaiki kalu sudah rusak. Namun, jika ‘melirik’ kelebihannya, pallet plastik bisa dikatakan lebih baik dari pallet kayu. Apa alasannya?

Alasan Pallet Plastik Lebih Baik dari Pallet Kayu

Setidaknya ada lima alasan pallet plastik lebih baik dari pallet kayu. Berikut kami jelaskan selengkapnya.

1. Tahan Lama

Pallet plastik terbukti lebih tahan lama dan tahan banting dibandingkan dengan pallet kayu. Tidak heran, saat ini, ada banyak industri yang menggunakan pallet plastik untuk penyimpanan barang di gudang maupun pengangkutan barang dalam proses pengiriman.

Selain tahan lama dan tahan banting, plastic pallet juga terbukti tahan terhadap berbagai cuaca. Sehingga, jenis pallet satu ini tidak gampang rusak alias lebih awet dibandingkan pallet kayu.

2. Higienis dan Mudah Dibersihkan

Salah satu keunggulan material plastik, sebagaimana yang kita ketahui, adalah tidak bisa menyerap uap air. Sedangkan material kayu dapat menyerap uap air yang dapat berujung pada kerapuhan atau kebusukan.

Dari material utama pembuatan material itu, kita juga dapat mengetahui bahwa pallet plastik lebih mudah dibersihkan dibandingkan pallet kayu. Ini-lah mengapa plastic pallet banyak digunakan industri dan perusahaan yang memiliki persyaratan peraturan ketat terhadap kebersihan dan kehigienisan, seperti makanan dan farmasi.

3. Ramah Lingkungan

Pada umumnya, plastic pallet dibuat dari hasil daur ulang plastik. Jadi, limbah plastik yang sebelumnya tidak bernilai apa-apa, bahkan disebut sebagai sampah diubah menjadi produk yang berkualitas bernama plastic pallet.

Adapun pallet kayu, selain makin sulit mendapatkannya dan harganya mahal, dalam proses pembuatannya pun merusak lingkungan. Pasalnya, bahan bakunya didapatkan dengan cara menebang pohon. Hal ini menjadikan pallet kayu kian ditinggalkan dan beralih ke pallet plastik.

4. Aman dan Tidak Merusak Barang Industri

Pallet plastik tidak membutuhkan paku dalam pembuatannya karena dibuat dalam bentuk solid. Selain itu, jenis pallet ini juga tidak akan menyisakan serpihan kecil maupun besar yang dapat merusak barang atau kemasan dari barang tersebut.

Lain halnya dengan pallet kayu yang dibuat dari sambungan kayu satu dengan lainnya sehingga membutuhkan paku. Selain itu, jenis pallet ini juga berpeluang menyisakan serpihan yang dapat merusak barang atau kemasan dari barang tersebut.

5. Hemat Biaya dan Hemat Tempat

Plastic pallet memiliki bobot yang lebih enteng dibandingkan pallet kayu. Dengan begitu, biaya angkut atau biaya pengiriman plastic pallet lebih murah dibandingkan pallet kayu.

Lebih lanjut, pallet plastik juga didesain memiliki kaki yang memudahkan penyimpanan saat tidak digunakan. Ya, pallet plastik satu dengan lainnya dapat dengan mudah ditumpuk secara vertikal sehingga menghemat tempat penyimpanan.

Itulah lima alasan pallet plastik lebih baik dari pallet kayu. Jika sebelumnya perusahaan atau industri Anda masih menggunakan pallet kayu, tidak ada salahnya segera beralih ke pallet plastik.