Yang Harus Diperhatikan Selama Belajar Online

Belajar online adalah hal yang sebelumnya masih terdengar asing di telinga banyak orang. Namun semenjak pandemi Covid-19 merebak, istilah belajar online menjasi sesuatu yang makin familiar. Hal ini sebenarnya adalah sesuatu yang bagus karena masyarakat mau tidak mau dipaksa untuk paham bagaimana cara menggunakan teknologi.

Karena masih cukup asing untuk dilakukan, masih ada banyak orang yang mengalami kesulitan selama kegiatan belajar online berlangsung, Karenanya, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kegiatan belajar online bisa berjalan dengan lancar dan ilmu bisa terserap secara maksimal.

Kumpulkan Niat

Meski dilakukan tidak secara tatap muka dengan guru, belajar online harus dilakukan secara serius supaya ilmu dapat terserap dengan baik. Jangan sampai kegiatan pembelajaran menjadi disepelekan hanya karena kita merasa bisa melakukan apa saja dan bisa belajar di mana saja.

Bangun Suasana yang Bagus

Supaya kita bisa belajar dengan nyaman, ada baiknya kita membangun suasana belajar yang nyaman. Kita bisa mulai dengan memastikan bahwa ruangan belajar kita bersih dan rapi sehingga mata kita tidak terganggu selama proses belajar berlangsung.

Kita juga bisa menyediakan meja serta kursi yang sesuai dengan bentuk tubuh sehingga kita tidak terlalu mendangak dan tidak terlalu membungkuk selama belajar.

Kerjasama dengan Orang di Sekitar

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah koordinasi dengan orang di sekitar. Jangan sampai saat sedang fokus-fokusnya belajar kita malah disuruh untuk memasang gas karena orang rumah tidak tahu bahwa kita sedang belajar.

Di sinilah pentingnya koordinasi. Kabari orang rumah kapan jadwal belajar online kita karena bagaimana bisa mereka tahu jika tidak kita beri tahu.

Siapkan Koneksi Internet

Koneksi internet yang stabil sangatlah penting supaya kegiatan belajar bisa dilakukan dengan lancar. Tanpa adanya koneksi yang stabil, penjelasan dari guru bisa-bisa terputus di tengah jalan. Kita bisa memanfaatkan jaringan wifi yang cenderung lebih stabil daripada seluler untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil.

Demikianlah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan supaya kegiatan belajar online bisa berlangsung dengan baik. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.