Sejarah Taman Impian Jaya Ancol Jakarta

Sebagai kawasan wisata, Taman Impian Jaya Ancol ternyata telah berdiri sejak abad ke-17. Pada saat itu, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Adriaan Valckenier, memiliki rumah yang sangat indah di pantai. Seiring waktu, area kemudian berkembang menjadi tempat wisata.

Sayangnya, ketika Perang Dunia II meletus oleh Perang Kemerdekaan, Ancol dilupakan. Sungai Ciliwung dengan bebas menumpahkan air dan lumpur di sana sehingga memutar daerah itu menjadi kotor, kumuh, dan berlumpur. Daerah yang awalnya indah, berbalik creepy seperti ‘di mana Jin meluncur anak-anak’.

Kemudian, ada proposal bahwa daerah tersebut berfungsi sebagai kawasan industri. Namun, proposal itu ditolak langsung oleh presiden Indonesia pertama. Bahkan, Bung Karno ingin membangun daerah itu sebagai kawasan wisata. Melalui Keputusan Presiden pada akhir Desember 1965, Bung Karno memerintahkan Gubernur DKI Jaya, sebagai pelaksana proyek Ancol Impian Jaya Taman. Proyek pengembangan ini hanya dilakukan di bawah kepemimpinan Masa Gubernur Jakarta berikutnya. Pengembangan Ancol dilakukan oleh PD Development Jaya.

Perkembangan
Keunikan Taman Taman Jaya Ancol pada awal pendirian ditandai oleh pembangunan teater mobil pada tahun 1970. Fasilitas rekreasi berikut yang dibangun semakin mempopulerkan keberadaan Ancol Jaya Dreamland, tetapi Juga di seluruh Indonesia.

Pembangunan berbagai proyek berlanjut hingga sekarang. Vendor jalanan ditata, hotel ini dibangun, lapangan golf, dan berbagai permainan disajikan. Itu berarti sarana rekreasi dan hiburan di Taman Impian Jaya Ancol akan lebih lengkap. Pada tahun-tahun berikutnya, pengadaan fasilitas rekreasi dan hiburan diarahkan pada fasilitas hiburan berteknologi tinggi. Ini telah dimulai dengan pembangunan daerah impian “Fantasy World Fantasy” pada tahun 1985.

Sekarang, Taman Impian Jaya Ancol yang berdiri di area seluas 552 hektar, telah menjadi tempat wisata rekreasi terbesar dan terlengkap dan terlengkap di Indonesia. Saat ini, mayoritas sahamnya dikendalikan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Dan dana yang dirilis mencapai triliun rupiah.

Ingin wisata di taman impian jaya Ancol Jakarta gunakan jasa rental mobil Jakarta agar praktis.